LOGO
Wisata dan Lingkungan Destiansi/Tujuan Rafting Parakan Kondang Sumedang, Jawa Barat
Destinasi/Tujuan

Rafting Sungai Citarik, Desa Cikidang Sukabumi, Jawa Barat

by Admin - Des 22 5239 Views 0 Comment

Rafting Citarik Sukabumi – Arung jeram, yang juga dikenal sebagai rafting, merupakan kegiatan yang menggabungkan kesenangan dan ketegangan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental. Arung jeram secara efektif melatih kapasitas jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot, serta meningkatkan fleksibilitas sendi. Selain itu, kegiatan ini juga berperan dalam meningkatkan kepercayaan diri, memberikan pengalaman psikologis yang berharga, serta membangun kerja tim dan kolaborasi yang erat..

Rafting Citarik Sukabumi – Sungai Citarik menjadi tujuan wisata yang sangat diminati oleh penggemar arung jeram karena memiliki karakteristik yang ideal untuk kegiatan pengarungan sungai. Tingkat kesulitan sungai Citarik umumnya berada di kisaran grade 3-5. Dengan kondisi tersebut, sungai Citarik sangat cocok sebagai destinasi wisata arung jeram yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yang menginginkan pengalaman pengarungan yang nyaman dan aman.

Sungai Citarik memiliki puluhan jeram yang terbagi menjadi enam kelas, yaitu kelas VI (ekstrem), kelas V (ahli), kelas IV (mahir), kelas III (menengah), kelas II (pemula), dan kelas I (mudah). Rute pengarungan sungai Citarik memiliki panjang sekitar 17 km dengan waktu pengarungan sekitar 4 jam. Titik awal pengarungan berada di Desa Cigelong dan berakhir di Desa Cikadu atau Desa Citangkolo. Seiring dengan pengarungan di Sungai Citarik, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang hijau dan memukau.

Aliran air yang kuat dan konsisten merupakan ciri khas Sungai Citarik. Dikarenakan topografi daerah sekitar yang curam, sungai ini memiliki debit air yang melimpah dan arus yang stabil. Hal ini menjadikan sungai ini sangat cocok untuk kegiatan arung jeram, di mana pengarung dapat merasakan sensasi adrenalin yang tinggi saat melawan jeram-jeram yang menantang.

Kondisi fisik Sungai Citarik juga memiliki peran penting dalam menentukan pengalaman pengarungan. Sungai ini terkenal dengan bebatuan dan jeram-jeramnya yang menarik. Bebatuan yang tersebar di sepanjang aliran sungai memberikan keunikan tersendiri dan menjadi tantangan bagi pengarung dalam mengendalikan perahu. Selain itu, kondisi lingkungan sekitar sungai, seperti vegetasi dan keberadaan sungai-sungai kecil yang bermuara di Sungai Citarik, juga memberikan keindahan alami yang mempesona.

Sungai Citarik menjadi destinasi petualangan yang sempurna bagi pecinta arung jeram. Dengan fasilitas dan layanan yang lengkap, pengalaman arung jeram menjadi lebih seru dan aman. Rute pengarungan di sungai Citarik telah memenuhi standar Federasi Arung Jeram Internasional (International Rafting Federation/IRF) dan dilengkapi dengan tim penyelamat yang siap siaga, sehingga para pengunjung merasa nyaman dan terjamin keselamatannya..

Dengan fasilitas wisata yang memadai dan keamanan yang terjamin, Sungai Citarik menjadi pilihan yang tepat bagi para penggemar arung jeram yang ingin merasakan sensasi dan tantangan seru dalam olahraga air. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan sepanjang rute pengarungan di sungai Citarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *