LOGO
Wisata dan Lingkungan Destiansi/Tujuan Rafting Parakan Kondang Sumedang, Jawa Barat
Destinasi/Tujuan

Rafting Sungai Cimanuk, Desa Kadujaya Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

by Admin - Des 22 5239 Views 0 Comment

Sesuai dengan namanya, wisata arung jeram Parakan Kondang berlokasi di wilayah Parakan Kondang Desa Kadujaya Kabupaten Sumedang. Di Parakan Kondang ini dilewati aliran Sungai Cimanuk yang memiliki hulu di wilayah Garut dan bermuara di kawasan Indramayu. Wisata arung jeram Parakan Kondang menggunakan aliran sungai ini..

Bagi yang ingin mencoba wisata petualangan di air khususnya wisata arung jeram, bisa menggunakan wahana di Parakan Kondang ini. Dari beberapa lokasi arung jeram yang ada di wilayah Sumedang, arung jeram di Parakan Kondang ini memiliki level paling tinggi. Bisa dikatakan memiliki grade 3+ sampai dengan grade 4. Ini bisa dilihat dari jenis jeram yang ada di beberapa lokasi sepanjang jalur arung jeram di Parakan Kondang yang bisa membuat pengunjung terkejut. Hal ini didukung dengan derasnya arus Sungai Cimanuk dan debit air yang cukup stabil serta lebar sungai yang cukup besar. Dan ditambah juga dengan jauhnya jarak arung jeram yang biasa dilalui dan karakter Sungai Cimanuk yang banyak kelokannya..

Walau demikian, wisata arung jeram di Parakan Kondang ini masih aman bagi pengunjung yang menyukai wisata arung jeram. Bahkan bisa digunakan sebagai wisata keluarga dengan menyertakan anak-anak untuk ikut serta berwisata arung jeram.

Wisata arung jeram Parakan Kondang ini menggunakan aliran Sungai Cimanuk setelah dibendung oleh bendungan Jatigede. Posisinya berada di sebelah hilir bendungan Jatigede, dengan jarak sekitar tiga kilometer ke sebelah utara.

Wisata arung jeram di Parakan Kondang ini biasanya diawali dari lapangan Bumi Perkemahan Parakan Kondang. Dari sini arusnya mengalir ka arah utara melewati jembatan gantung yang menghubungkan Kadujaya dengan Karedok, kemudian menyusuri aliran Sungai Cimanuk ke arah utara yang menjadi batas beberapa desa yang berada di Kecamatan Jatigede dan Kecamatan Tomo. Wisata arung jeram Parakan Kondang ini biasanya berakhir di kawasan wisata Gendeng Tomo yang berada di pinggir jalan raya Bandung - Cirebon. Jika ditotalkan, jarak antara awal sampai dengan akhir arung jeram ini sekitar 11 km. Waktu yang dibutuhkan selama perjalanannya sekitar 1,5 sampai dengan 2 jam.

Sepanjang perjalanan wisata arung jeram Parakan Kondang ini pengunjung disuguhi pemandangan alam yang indah. Di kiri dan kanan sungai merupakan hamparan pesawahan dan perkebunan. Di perjalanan, sekitaran km 8 atau di kawasan Kampung Bunut, pengunjung bisa berhenti dulu. Berhenti dan naik ke daratan untuk sekedar beristirahat atau menyantap perbekalan yang dibawa oleh masing-masing peserta. Atau kegiatan lain seperti swafoto atau selfie.

Persinggahan kedua sebelum masuk ke lokasi pemberhentian adalah di pertemuan antara Sungai Cimanuk dengan Sungai Cipeles. Kebetulan di lokasi ini kondisi sungainya cukup landai. Di sini biasanya panitia menyelenggarakan Water Games yang bisa diikuti oleh semua pengunjung seperti menjaga keseimbangan tim yang berdalam di atas perahu karet dengan kondisi perahu berputar. Pengunjung atau wisatawan juga bisa turun dari perahu karet untuk sekedar bermain air dan berendam serta mengikuti permainan lainnya sesuai dengan arahan penyelenggara..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *