FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

Organization

Sejarah Pembentukan Organisasi

Dengan terus berkembanganya Arung Jeram di Indonesia, para penggiatnya merasa bahwa  perlu suatu wadah yang dapat membina kegiatan Arung Jeram dengan lebih terorganisir, memiliki wawasan dan tujuan yang jelas. Pada bulan Maret 1996, oleh 38 Organisasi Pecinta Alam, Klub Arung Jeram Amatir, Profesional dan Komersial, telah dibentuk Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), yang kemudian terpilih menjadi Ketua adalah Amalia Yunita, seorang yang telah lama menggeluti dunia arung jeram, anggota Aranyacala Universitas Trisakti, yang kini aktif diperusahaan Wisata Arung Jeram PT. Lintas Jeram Nusantara.

Saat ini FAJI yang dipimpin oleh Komandan Korps Marinir Mayjen (Mar) Safzen Noerdin, telah menjadi bagian dari organisasi rafting internasional (IRF) serta terus melaksanakan upaya konsolidasi dan membentuk Pengda-pengda. Pada Oktober 2001, PB FAJI untuk pertama kalinya mengirim tim untuk berlaga di Kejuaraan Internasional yang diselenggarakan IRF. Beberapa kegiatan Kejuaraan tingkat nasional dan internasional telah digelar a.l. Kejurnas Arung Jeram Serayu 1997, Kejurnas Citarum 2001, Kejuaraan Arung Jeram Internasional Asahan Race 2000 – 2001 &  2003, Kejuaraan Terbuka Rongkong 2004, serta berbagai turnamen di tingkat daerah; Jambi, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Sulawesi Utara. Berbagai Pelatihan dan Sekolah Arung Jeram diselenggarakan untuk menambah pengetahuan dan peningkatan  keselamatan ber arung jeram.  Untuk publikasi FAJI telah menerbitkan Majalah Kegiatan Alam Terbuka “JELAJAH”, yang memberitakan tidak saja kegiatan Arung Jeram juga kegiatan alam terbuka lainnya.

Saat ini FAJI bekerjasama kembali dengan Korps Marinir, mempersiapkan Kejuaraan Nasional Arung Jeram Citarum 2005 yang diperkirakan akan diikuti oleh 60 Tim dari Pengda dan Instansi Militer di Indonesia, sebuah even yang akan melibatkan hampir 360 atlet.

 

Tujuan Organisasi

Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) antara lain bertujuan untuk:

 •

Mengembangkan dan memasalkan kegiatan Arung Jeram sebagai olah raga petualangan serta menjadi olah raga  prestasi yang aman,

 •

Meningkatkan sumber daya manusia dibidang Arung Jeram melalui pelatihan-pelatihan berjenjang, kejuaraan-kejuaraan dan invitasi, menetapkan norma keselamatan (safety codes), standarisasi peralatan dan teknik,

 •

Memasyarakatkan olah raga Arung Jeram.

 •

Turut serta menjaga menjaga lingkungan sungai, terutama yang digunakan untuk tempat berarung jeram.

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org